Berita

Sumringah, Bupati Bantul Panen Jagung Hibrida di Derman Sumbermulyo

Senin Pon, 30 Oktober 2017 16:04 WIB 2304

foto

Bupati Bantul Drs. Suharsono panen Jagung Hibrida di Bulak Derman Sumbermulyo Bambanglipuro milik Kelompok Tani "Sido Makmur III" pada Senin (23/10).

Pada kesmepatan tersebut Bupati Bantul didampingi oleh Kepala Dinas Pertanian, Pangan, Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bantul, Ir. Pulung Haryadi, M.Sc, Kepala Dinas Pertanian DIY Ir. Sasongko, Camat Bambanglipuro Drs. Anom Ardiyanto, serta jajaran Forkompinda Kabupaten Bantul.

Bupati Bantul dengan wajah yang sumringah menyampaikan bahwa merupakan suatu kebahagiaan tersendiri bagi dirinya, karena bisa memberikan semangat kepada para petani yang merupakan tulang punggung ketahanan pangan di Kabupaten Bantul.

Dengan panen raya komoditi jagung yang dihasilkan oleh kelompok tani di Dusun Derman Desa Sumbermulyo Bambanglipuro ini akan menambah kesejahteraan keluarga dan masyarakatnya. Kami berharap kata Bupati, komoditi tanaman jagung kedepan semakin maju dan meningkat hasilnya. Karena saat ini komoditi jagung bukan hanya sebagai pakan ternak atau juga sebagai makanan pengganti beras, namun juga merupakan komoditi ekspor yang sangat menjanjikan, sehingga dapat meningkatkan penghasilan para petani di daerah.

Kepala Dinas Pertanian, Pangan, Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bantul, Ir. Pulung Haryadi, M.Sc,  pada kesempatan tersebut menyampaikan bahwa di wilayah Kabupaten Bantul terdapat seluas 4.000 ha tanaman jagung. Sementara terdapat pula seluas 1.500 ha tanaman pangan yang merupakan demplot dari pusat yang terdiri dari 500 ha berupa tanaman padi, 500 ha tanaman jagung dan 500 ha tanaman kedelai. Kelompok Tani Sido Makmur III saat ini mempunyai lahan pertanian seluas 17 ha yang ditanami jagung dengan menghabiskan benih sebnyak 425 kg jagung yang merupakan program bantuan pemerintah melalui subsidi benih. (T)