Berita

Sarasehan Perikanan Budidaya, Pengembangan Kawasan Sentra Budidaya Ikan Lele

Kamis Wage, 26 Oktober 2017 08:41 WIB 2996

foto

Guna menjaga silaturahmi dan memperkuat pilar bidang perikanan di Kabupaten Bantul, Dinas Pertanian Pangan Kelautan dan Perikanan (Diperpautkan) menyelenggarakan kegiatan Sarasehan Perikanan Budidaya, pada Selasa (24/10). Bertempat di Bungas, Sumberagung, Jetis, Bantul, Sarasehan kali ini mengusung tema “Makaryo Mbangun Desa Pengembangan Kawasan Sentra Budidaya Ikan Lele”. Tak kurang dari 100 orang hadir dalam acara ini terdiri dari pelaku dan stakeholder perikanan di wilayah Bantul, meliputi anggota Kelompok Pembudidaya Ikan, Asosiasi Pembudidaya Ikan, Asosiasi Pembenih Ikan, penyuluh perikanan, perangkat desa dan SKPD terkait.

Acara dibuka oleh Kepala Diperpautkan Kabupaten Bantul, Ir. Pulung Haryadi, M.Sc. dengan pemaparan mengenai kebijakan pembangunan perikanan di Kabupaten Bantul. Beliau menyampaikan bahwa tugas dan fungsi SKPD terkait adalah memberdayakan pembudidaya ikan skala kecil dengan salah satu indikator kinerja dinas peningkatan produksi perikanan budidaya. Untuk mencapai target kinerja tersebut berbagai program/ kegiatan inovatif telah dilakukan dengan tujuan akhir untuk menaikkan produksi guna mencapai ketahanan dan kedaulatan pangan.

Mewakili Bupati Bantul, hadir Asisten II Perekonomian dan Pembangunan Kabupaten Bantul, Bambang Guritno, SH., dalam sambutannya menyampaikan bahwa pengelolaan bidang perikanan secara berkesinambungan perlu dilakukan secara bijaksana. Kegiatan budidaya perikanan merupakan salah satu penggerak ekonomi di wilayah Kabupaten Bantul dan hal ini merupakan perwujudan konsep Makaryo Mbangun Desa. Beliau berharap dengan semakin banyaknya kegiatan budidaya dapat meningkatkan kesejahteraan dan perekonomian warga masyarakat Bantul.

Acara kemudian dilanjutkan dengan simbolis penyerahan bantuan sarana prasarana (bansarpras) budidaya tahun 2017 dari Kementerian Kelautan dan Perikanan, bagi beberapa kelompok pembudidaya ikan. Bansarpras yang diberikan berupa 40.000 ekor benih ikan dan 3,5 ton pakan. Rangkaian acara sarasehan kali ini ditutup dengan penebaran benih dan panen ikan lele sebagai simbolis harapan agar perikanan di Bantul terus berjalan dan semakin maju. (dp)