Berita

Tim Monev Komisi Informasi Daerah DIY Kunjungi Dinas Pertanian Pangan Kelautan dan Perikanan

Selasa Kliwon, 12 September 2017 14:06 WIB 104

foto
Wawancana dan diskusi oleh Tim Monev Pemeringkatan Keterbukaan Informasi Badan Publik, Komisi Informasi Daerah DIY

Tim Monitoring dan Evaluasi (Monev) Implementasi  UU No. 14 Tahun 2008/ Pemeringkatan Badan Publik di Wilayah DIY berkunjung ke Dinas Pertanian Pangan Kelautan dan Perikanan (Diperpautkan) Kabupaten Bantul pada Selasa pagi (12/9).

Tim yang terdiri dari Warsono, SH., Drs. I Made Arjana Gumbara dan Thoyyib Hadi Fansyuri, SH., M.Kn ini akan melihat secara langsung pengelolaan dan pelayanan informasi publik di Diperpautkan. Tim ditemui langsung oleh Kepala Dinas, Ir. Pulung Haryadi, M.Sc beserta Sekretaris Dinas sekaligus sebagai Pejabat Pengelola Informasi Daerah (PPID) Pembantu, Ir. R. Bambang Pin Erwanta, MM serta Kepala Subbagian Program Keuangan dan Aset, M. Arifin Hartanto, SP., MM.

Pemeringkatan Keterbukaan Informasi Badan Publik Tahun 2017 ini dilakukan guna mengetahui pelaksanaan keterbukaan informasi di Badan Publik sebagaimana amanah dalam Undang - Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (selanjutnya disebut UU KIP) yang kemudian secara teknis telah diatur dalam Peraturan Komisi Informasi Nomor 5 Tahun 2016 tentang Metode dan Teknik Evaluasi Keterbukaan Informasi Badan Publik. Kegiatan ini dilaksanakan selama 7 (tujuh) bulan yang berlangsung pada Juni - Desember 2017 yang diakhiri dengan Pemeringkatan Badan Publik. Badan Publik WAJIB mengikuti seluruh alur kegiatan yang telah ditetapkan oleh Komisi Informasi Pusat.

Visitasi monev ini merupakan tindaklanjut dari tahapan skoring sementara berdasarkan Self Assesment Questionnaire (SAQ) dan pencermatan website badan publik. Diperpautkan merupakan salah satu dari 8 Badan Publik di DIY yang berhasil mendapatkan kunjungan (visitasi) dari Tim Monev Badan Publik Negara Komisi Informasi Daerah DIY.

Semoga dengan visitasi Tim Monev  Pemeringkatan Keterbukaan Informasi Badan Publik Tahun 2017 ini, Dinas Pertanian Pangan Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bantul senantiasa dapat mengedepankan komitmen, koordinasi, komunikasi, kolaborasi, dan konsistensi dalam mewujudkan Good Governance melalui Keterbukaan Informasi Publik. (T)