Berita

Sosialisasi Wirausaha Perikanan, Tingkatkan Jiwa Entrepreneurship Pemuda Bantul

Selasa Kliwon, 12 September 2017 10:08 WIB 130

foto
Salah satu narasumber saat menyampaikan materi

Jiwa entrepreneurship harus mulai ditumbuhkan sejak usia dini. Terutama pada pemuda-pemudi yang menjadi salah satu ujung tombak perekonomian bangsa. Demi mendukung hal tersebut, pada Senin (11/09), Dinas Pertanian, Pangan, Kelautan dan Perikanan (Diperpautkan) Kabupaten Bantul mengadakan sosialisasi wirausaha perikanan. Menghadirkan narasumber yang ahli dalam bidang wirausaha perikanan, Ir. Ignatius Hardaning, M.Si., selaku praktisi di bidang perikanan dari Universitas Gadjah Mada Yogyakarta dan Zainun Ikhsan, S.Pi., salah satu pelaku usaha budidaya lele di Kabupaten Bantul. Kegiatan yang diadakan di Koperasi Adil ini dihadiri oleh 75 peserta dari karang taruna se-Kabupaten Bantul.

Sekretaris Diperpautkan, Ir. Bambang Pin Erwanta, MM. berkesempatan membuka kegiatan sosialisasi sekaligus menyampaikan materi mengenai Kebijakan Pembangunan Kelautan dan Perikanan di Kabupaten Bantul. Materi selanjutnya disampaikan oleh Ir. Ignatius Hardaning, M.Si, terkait peluang usaha budidaya ikan gurami mulai dari cara budidaya hingga cara pemasarannya. Materi mengenai kiat sukses budidaya lele disampaikan oleh Zainun, yang berbagi kisahnya memulai kegiatan usaha budidaya lele yang kini telah sukses dan mendapat pasar yang luas.

Tujuan dari kegiatan sosialisasi wirausaha perikanan ini adalah untuk memberikan bekal dan wawasan tentang perikanan bagi generasi muda di Kabupaten Bantul serta untuk meningkatkan jiwa kewirausahaan pelaku utama agribisnis khususnya generasi muda. Sehingga diharapkan mereka tidak ragu lagi memulai usaha sejak dini. (dp)