Berita

Walikota Prabumulih Kunjungi Pokdakan Tunas Muda Peduli

Rabu Wage, 6 September 2017 16:45 WIB 151

foto
Walikota Prabumulih meninjau usah budidaya ikan dengan sistem bioflok di Pokdakan Tunas Muda Peduli

Walikota Prabumulih Provinsi Sumatera Selatan, H. Ridho Yahya melakukan kunjungan ke Kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdakan) Tunas Muda Peduli (TMP), di Garon, Panggungharjo, Sewon pada Rabu siang (6/9).
Dengan didampingi oleh Asek II, Kepala BAPPEDA dan Kepala Dinas Pertanian, Perikanan dan Kehutanan, serta Badan Keuangan Daerah Kota Prabumulih rombongan akan belajar tentang budidaya ikan sistem bioflok di Pokdakan TMP.
Pokdakan TMP merupakan salah satu pokdakan di Kabupaten Bantul yang berhasil mengembangkan Budidaya Ikan Lele dengan Sistem Bioflok bantuan dari Dirjen Perikanan Budidaya Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP). KKP menerapkan inovasi budidaya ikan lele menggunakan teknologi sistem bioflok demi mendorong ketahanan pangan Indonesia dengan mengalokasikan dukungan sebanyak 103 paket, dengan rincian 71 paket dari pusat dan 32 paket dari Unit Pelaksana Teknis (UPT) yang akan diberikan kepada 73 pondok pesantren, 12 kelompok pembudidaya, dan 2 lembaga pendidikan yang tersebar di 16 Provinsi di Indonesia.
Keberhasilan usaha budidaya ikan lele dengan sistem bioflok di TMP tak lepas dari dorongan Ketua Kelompok, M. Zainun Ikhsan, S.Pi. Dengan berbekal ilmu yang diperolehnya di masa kuliah di Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Diponegoro, Zainun berhasil mengembangkan usaha kelompok ini. Keberhasilan inilah yang menarik perhatian Walikota Prabumulih untuk berkunjung ke Garon. (T)