Berita

Live Taman Gabusan TVRI Jogja, Cermat Memilih Hewan Kurban

Selasa Legi, 29 Agustus 2017 18:51 WIB 3126

foto
Dua orang narasumber hadir pada acara Siaran Langsung Taman Gabusan

Idul Adha 1438 H tinggal hitungan hari lagi. Banyak masyarakat yang sudah berburu hewan kurban, baik sapi ataupun kambing. Masyarakat yang hendak membeli hewan kurban tidak boleh sembarangan. Memilih hewan kurban harus memenuhi kaidah syariah dan kadiah kesehatan.

Dokter hewan, Widagdo Sri Nugroho mengatakan, hewan yang akan dijadikan kurban, baik sapi maupun kambing, harus yang sehat. Kesehatan hewan bisa dilihat dari mata yang cerah dan mengkilat (tidak kering), hidung tidak ingusan dan cenderung lembab. “Hewan dapat berjalan dengan normal atau tidak pincang,” demikian ditambahkan oleh Widagdo pada acara Siaran Langsung Taman Gabusan pada Selasa (29/8) malam di TVRI Jogja.

Ditambahkan oleh Widagdo, dalam memilih hewan kurban juga harus memperhatikan aspek kesejahteraan hewan, yaitu hewan ternak harus bebas dari rasa takut, bebas dari rasa sakit, bebas dari rasa haus dan lapar serta bebas berperilaku alami.

Ir. Pulung Haryadi, M.Sc selaku Kepala Dinas Pertanian Pangan Kelautan dan Perikanan juga hadir dan sebagai narasumber pada Siaran Langsung Taman Gabusan tersebut. Beliau menyampaikan kesiapan Pemerintah Kabupaten Bantul jelang Idul Adha 1438 H. (T)