Berita

Dorong Baros Sebagai Eko-Eduwisata

Selasa Legi, 29 Agustus 2017 16:04 WIB 3200

foto
Sinergitas mahasiswa KKN UAD dan Keluarga Pemuda-pemudi Baros (KP2B)

Perguruan Tinggi tidak hanya fokus pada penelitian dan mengajar. Tetapi harus mengabdi langsung lewat program yang disumbangkan ditengah masyarakat. Sehingga kehadiran perguruan tinggi  memberikan dampak langsung untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat sceara keseluruhan. Komitmen itu juga yang terus digencarkan mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Program Pemberdayaan Masyarakat (PPM) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta di Baros Tirtohargo Kretek Bantul.

“Kami dari UAD dengan Pemda Bantul bersinergis dan Keluarga Pemuda-pemudi Baros (KP2B) menggulirkan program salah satunya mengembangkan konsep eko eduwisata dengan dukungan dari dana hibah Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti)," ujar Koordinator KKN PPM di Tirtohargo sekaligus Dosen Pembimbing Lapangan DPL KKN, Dedi Wijayanti M Hum didampingi pengusung program Denik wirawati MPd disela acara melepas benih ikan di Pantai Baros Tirtohargo Kretek Bantul, Senin (28/8/2017).  

Dalam acara itu juga dihadiri Wakil Rektor Bidang Pengembangan Kemahasiswaan dan Pemberdayaan Alumni (Warek) III UAD Dr Abdul Fadlil MT, Dekan FKIP UAD sekaligus Ketua Tim Pengusung Program KKN PPM di Baros Dr Trikinasih Handayani MSi, Kepala LPM UAD Drs Jabrohim MM serta  Kepala Bidang Dalitbang Bappeda Bantul, Tlau Sakti Santosa SS M Hum.

Dedi mengatakan, kegiatan tahun ini sebenarnya kelanjutan dari program sebelumnya. Bahkan sekarang ini UAD punya komitmen mendorong konsep eko eduwisata di Kawasan Pantai Baros Tirtohargo Kretek Bantul. Sehingga kedepan kawasan mangrove di Pantai Baros tidak hanya wisata massal. Tetapi sudah saatnya wisata kawasan itu harus ada muatan pendidikannya. Untuk mendukung program tersebut KKN PPM kini sudah dibangun sejumlah fasilitas diantaranya panel surya di pos jaga Pantai Baros, menanam 1.000 mangrove, pembuatan kolam dengan sistem karamba, pemberian motovasi  menuju desa wisata.

“Kami juga membangun green house atau rumah pembibitan di kandang kelompok ternak Andhini Lestari Dusun Baroas,” ujar Dedi.

Dijelaskan untuk menunjang konsep eko eduwisata itu KKN PPM UAD juga sudah membangun dermana mini dikawasan Pantai Baros Kretek Bantul. Kedepan UAD juga sudah mengajukan proposal ke Pemda Bantul sehingga konsep pengembangan di Pantai Baros  bisa dilihat bersama dan saling menyesuaikan. Dengan demikian arah pembangunan kawasan tersebut terus berkelanjutan sesuai perencanaan. Sementara dalam dua tahun terakkir UAD konsisten mengirimkan mahasiswanya untuk KKN di Desa Tirtohargo khusus konservasi hutan mangrove.

"Program ini juga sesuai dengan konsep Sri Sultan HB X yang ingin mengubah konsep among tani dagang layar khususnya untuk masyarakat pesisir," jelasnya.

Pihaknya juga membangun beberapa fasilitas misalnya gasebo untuk bersantai, dermaga untuk berswafoto. Sementara Tlau Sakti Santosa, mengatakan sekarang ini baru akan membuat master plan penataan kawasan hutan mangrove. Sehingga kedepannya ada kepastian daerah mana yang cocok untuk kuliner, untuk peternakan kelompok dan lain-lainnya. (Roy)

 

Sumber : http://krjogja.com/web/news/read/42315/home3.html