Berita

Diperpautkan Sosialisasikan Anomali Iklim kepada Poktan di Kecamatan Pandak

Selasa Legi, 29 Agustus 2017 14:14 WIB 3113

foto

Anomali Iklim yang tidak menentu seperti sekarang ini membuat petani menjadi kesulitan dalam memprediksi  iklim untuk menentukan budidaya tanaman yang akan dikembangkan sehingga sangat berdampak kepada produktivitas pertanian.

Oleh karenanya, Dinas Pertanian Pangan Kelautan dan Perikanan menyelenggarakan Sosialisasi Anomali Iklim untuk menentukan pola tanam yang sesuai. Kegiatan dilaksanakan pada Selasa pagi ini (29/8) bertempat di Balai Penyuluhan Pertanian, Perikanan dan Kehutanan Kecamatan Pandak. Sejumlah 50 orang dari Kelompok Tani di Kecamatan Pandak mengikuti kegiatan tersebut.

Pertanian kedepan tidak boleh tergantung pada kebiasaan akan tetapi harus memafaatkan iklim serta inovasi dan teknologi dalam mendukung swasembada pangan. Penentuan pola tanam, varietas serta penanganan terhadap tanaman yang akan dikembangkan juga sangat mempengaruhi hasil yang akan diperoleh.

Dukungan serta partisipasi aktif dari semua pihak sangat menentukan dalam mencapai swasembada pangan di Kabupaten Bantul. (T)