Berita

Ratusan Petugas Pemeriksa Hewan Kurban Peroleh Pembekalan

Selasa Legi, 29 Agustus 2017 13:49 WIB 2783

foto

Pemerintah Kabupaten Bantul melalui Dinas Pertanian Pangan Kelautan dan Perikanan menyiapkan sebanyak 150 petugas pemeriksa kesehatan hewan kurban jelang hari raya Idul Adha. Para petugas ini akan disebar untuk memastikan kesehatan hewan kurban di Bantul.

 

Pembekalan dilaksanakan pada Selasa (29/8) pagi ini di kantor Dinas Pertanian Pangan Kelautan dan Perikanan (Diperpautkan), Komplek 2 Perkantoran Pemkab Bantul, Manding dipimpin langsung oleh Kepala Diperpautkan, Ir. Pulung Haryadi, M.Sc.

 

Beliau menyampaikan, pelaksanaan pemeriksaan hewan kurban merupakan upaya perlindungan kepada masyarakat dari ancaman penularan zoonosis (penyakit yang dapat menular dari hewan ke manusia). Terutama penyakit anthraks yang berasal dari hewan-hewan kurban seperti sapi, domba dan kambing.

 

"Kami berharap dengan adanya segala upaya yang sudah dilakukan ini bisa menjamin bahwa hewan kurban yang dijual di Bantul ini benar-benar aman untuk digunakan sebagai hewan kurban," ujarnya.

 

Peserta yang terdiri dari dokter hewan, paramedik veteriner, petugas Inseminasi Buatan (IB), kader kesehatan hewan, dan mahasiswa Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Gadjah Mada (FKH UGM) ini semangat mengikuti pembekalan kali ini. Pada kesempatan itu disampaikan bahwa pemeriksanaan yang akan dilakukan meliputi ante mortem, saat penyembelihan, dan post mortem. (T)