Berita

Menggugah Jiwa Entrepreneurship melalui Sosialisasi Wirausaha Perikanan

Selasa Legi, 29 Agustus 2017 13:25 WIB 2897

foto
salah satu narasumber saat memberikan motivasi wirausaha bagi peserta sosialisasi

Jiwa entrepreneurship harus ditumbuhkan pada setiap pelaku maupun calon pelaku usaha budidaya perikanan. Tujuannya adalah agar para pelaku usaha ini dapat bertahan jika di masa mendatang menghadapi kendala baik teknis maupun non teknis. Pun bagi generasi muda sekarang, jiwa kewirausahaan harus ditumbuhkembangkan sejak dini karena peran mereka sebagai ujung tombak masa depan bangsa.

Oleh sebab di atas, Dinas Pertanian, Pangan, Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bantul, melalui Bidang Kelautan dan Perikanan turut serta membantu mewujudkan harapan tersebut dengan mengadakan sosialisasi wirausaha perikanan bagi pelajar dan generasi muda di Kabupaten Bantul pada Kamis (24/08). Bertempat di SMK Negeri 1 Sanden, kegiatan dibuka oleh Kepala Seksi Pengembangan Usaha dan Kelembagaan Perikanan, Yulianta, SP. MM. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa bidang wirausaha yang mempunyai prospek cerah di masa depan salah satunya adalah bidang perikanan. Beliau berharap agar kegiatan sosialisasi ini dapat menggugah para para taruna/i untuk berani memulai kegiatan usahanya sendiri.

Menghadirkan narasumber yang berkompeten di bidang kewirausahaan, yaitu Ir. Ignatius Hardaning, M.Si., seorang praktisi bidang perikanan dari Universitas Gadjah Mada Yogyakarta dan Zainun Ikhsan, S.Pi. salah satu pelaku usaha perikanan di Bantul yang sukses dengan budidaya lelenya. Ignatius memberikan motivasi bagi taruna/i agar tidak perlu takut dan ragu dalam memulai usaha, salah satunya di bidang perikanan melihat peluangnya yang masih sangat luas. Zainun sendiri berbagi cerita dan ilmu bagaimana memulai dan menjalani kegiatan usaha budidayanya selama ini, mulai dari jatuh bangunnya saat memulai hingga sukses seperti sekarang ini. Keduanya sepakat menyampaikan bahwa peluang usaha di bidang perikanan ini sangat menjanjikan akan tetapi masih sedikit yang berani terjun ke bidang ini sehingga diharapkan melalui kegiatan sosialisasi ini dapat menggugah peserta untuk memulai usaha sejak dini dan tercipta generasi yang tangguh sebagai entrepeneur di bidang perikanan budidaya. (dp)