Berita

Jasindo Sosialisasikan Bantuan Premi Asuransi Perikanan Bagi Nelayan

Selasa Legi, 29 Agustus 2017 11:10 WIB 2941

foto
Peserta sosialisasi memperhatikan dengan serius paparan materi dari narasumber

Dinas Pertanian Pangan Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bantul melakukan Sosialisasi Bantuan Premi Asuransi Perikanan Bagi Nelayan yang diselenggarakan di Rumah Makan Mb Nunik Depok, Parangtriris, Kretek pada Senin (28/8). Kegiatan dihadiri oleh nelayan di Kabupaten Bantul dengan narasumber Kepala Dinas, Ir. Pulung Haryadi, M.Sc dan perwakilan dari Jasindo Yogyakarta.

Bantuan premi asuransi perikanan bagi nelayan merupakan program nasional dari Kementerian Kelautan dan Perikanan yang dimaksudkan untuk menjamin kegiatan nelayan yang lebih baik dalam usaha penangkapan ikan sehingga hak-hak dan kewajiban   nelayan   menjadi  jelas serta akan terlindungi dalam kegiatan usaha penangkapannya. Tujuannya adalah memberikan jaminan perlindungan atas risiko yang dialami nelayan dan memberikan kesadaran nelayan berasuransi.

Ir. Pulung Haryadi, M.Sc. menyampaikan bahwa bantuan premi ini maksudnya pemerintah memberikan bantuan kepada nelayan dengan membayar premi asuransinya selama 1 tahun. Adapun kriteria peserta adalah nelayan kecil atau nelayan tradisional yang : 1). memiliki kartu nelayan; 2). Berusia  paling  tinggi  65 tahun; 3). Tidak  pernah mendapatkan bantuan program asuransi dari Pemerintah atau pernah mendapatkan program asuransi dari Pernerintah namun Polis asuransinya  sudah berakhir masa berlakunya atau jenis risiko yang dijamin berbeda; 4). Tidak menggunakan alat penangkapan ikan yang dilarang berdasarkan peraturan perundang-undangan; dan 5). Patuh pada ketentuan yang tercantum dalam Polis asuransi.

Beliau berharap seluruh nelayan yang masuk dalam kriteria dapat memanfaatkan program ini dan meminta kepada yang hadir untuk menginformasikan ke masyarakat khususnya nelayan. (T)