Berita

LAN Minta Daerah Segera Susun Rencana Aksi Inovasi Daerah

Senin Kliwon, 28 Agustus 2017 15:11 WIB 3080

foto

Lembaga Administrasi Negara (LAN) meminta pemerintah daerah untuk segera menyusun renvana aksi inovasi di sektor publik agar inovasi yang dihasilkan dapat berfungsi optimal untuk meningkatkan kualitas pelayanan masyarakat. Demikian dikatakan oleh Tim Inovasi Daerah dari LAN saat audiensi dengan Kepala Dinas Pertanian Pangan Kelautan dan Perikanan, Ir. Pulung Haryadi, M.Sc, pada Kamis (24/8).

 

Audiensi ini dilakukan dalam rangka pengembangan laboratorium inovasi daerah di Kabupaten Bantul, khususnya di Diperpautkan. Kabupaten Bantul memiliki sekitar 250 ide inovasi yang tersebar di seluruh OPD maupun kecamatan di Kabupaten Bantul.

 

Rombongan ditemui langsung oleh Kepala Diperpautkan, Ir. Pulung Haryadi, M.Sc. Dalam sambutannya beliau mengungkapkan bahwa 6 (enam) inovasi di Dinas Pertanian Pangan Kelautan dan Perikanan siap diimplementasikan di Kabupaten Bantul.

 

Ditambahkan oleh Ir. Pulung Haryadi, M.Sc, bahwa inovasi yang diangkat berupa pengembangan teknologi yang sudah ada. Inovasi yang ada pada Dinas Pertanian Pangan Kelautan dan Perikanan adalah Inovasi Matlair (Budidaya Ikan Hemat Lahan dan Air), Edu Wisata Satria Air, Tiron Mutiara dari Bantul, SiPADU (Sistem Informasi Pertanian Terpadu), SIPERKASA (Sistem Pengeringan Karya Santosa), dan Integrasi Pertanian dan Pariwisata Mangunan.

 

LAN menyampaikan salah satu tujuan yang perlu digunakan sebagai fokus dalam menyusun inovasi daerah adalah pada peningkatan kualitas pelayanan publik yaitu pelayanan dapat dilakukan lebih cepat, murah dan berkualitas. Untuk itu, diperlukan rencana aksi yang jelas agar inovasi yang dihasilkan dapat segera berfungsi optimal untuk meningkatkan kualitas pelayanan masyarakat. (T)