Berita

KLINIK AGRIBISNIS KELILING

Senin Pahing, 31 Juli 2017 13:00 WIB 3572

foto

Dalam menghadapi era perdagangan bebas (Masyarakat Ekonomi Asia) peningkatan daya saing produk agribisnis harus diutamakan.  Para  pelaku utama (petani) dan pelaku usaha sebagai produsen harus mau dan mampu meningkatkan daya saing produknya. Peningkatan daya saing produk tersebut dapat terealisir apabila berbagai komponen pendukung dapat dilaksanakan secara terintegratif dan berkelanjutan. Di lain sisi para petani maupun pelaku usaha agribisnis mengalami keterbatas an dari berbagai aspek antara lain aspek  sarana prasarana dan aspek teknologi . Keterbatasan  tersebut  dipengaruhi  oleh faktor kurangnya kesempatan (waktu) para petani dan pelaku usaha untuk mengakses sarana prasarana dan teknologi. Hal ini karena energi para petani danpelaku usaha telah habis tervorsir  untuk melaksanakan usaha agribisnisnya  dengan teknologi seadanya yang membutuhkan  perjuangan  berat sehingga kesempatan  untuk memperbaharui sarana prasarana maupun teknologi  yang lebih tepat menjadi   berkurang  atau bahkan tidak ada.

Keadaan tersebutlah yang sudah seharusnya menjadi perhatian pemerintah agar  para petani dan pelaku usaha  memperoleh motivasi dalam rangka meningkatkan kepercayaan diri dan kemandirian. Salah satu perhatian yang harus dilakukan pemerintah dan memendesak untuk  dilakukan adalah dengan memberikan pelayanan prima kepada para petani . Pelayanan prima yang dimaksud adalah pelayanan jemput bola atau turun langsung ke petani dan pelaku usaha. Menurut Kasi Penyuluhan Dinas Pertanian Pangan Kelautan dan Perikanan (Diperpautkan) Kabupaten Bantul , Ir. Imawan Eko Handriyanto, M.P.  Klinik Agribisnis Keliling dihadirkan untuk memberikan pelayanan prima kepada petani dan pelaku usaha. Pelayanan klinik agribisnis keliling pada tahun ini mencakup 17 kecamatan. Setiap kecamatan Tim Klinik mengunjungi dan melayani 1 kelompok tani.

Dasar Hukum

UU No 16 tahun 2006 tentang Sistem Penyuluhan Pertanian Perikanan dan Kehutanan  pasal 3 menyebutkan bahwa fungsi sistem penyuluhan meliputi:

a).memfasilitasi proses pembelajaran pelaku utama dan pelaku  usaha;

b).mengupayakan kemudahan akses pelaku utama dan pelaku  usaha ke sumber informasi,  teknologi, dan sumber daya lainnya agar mereka dapat mengembangkan usahanya;

c).meningkatkan kemampuan kepemimpinan, manajerial, dan kewirausahaan pelaku utama dan pelaku usaha;

d).membantu pelaku utama dan pelaku usaha dalam menumbuhkembangkan organisasinya menjadi organisasi ekonomi yang berdaya saing tinggi, produktif, menerapkan  tata kelola berusaha yang baik, dan berkelanjutan;

e).membantu menganalisis dan memecahkan masalah serta merespon peluang dan tantangan yang dihadapi pelaku utama dan pelaku usaha dalam mengelola usaha;

f).menumbuhkan kesadaran pelaku utama dan pelaku usaha terhadap kelestarian fungsi lingkungan; dan

g).melembagakan nilai -nilai budaya pembangunan pertanian, perikanan, dan kehutanan yang maju dan modern bagi pelaku utama secara berkelanjutan.

Tujuan

  • Memberikan pelayanan konsultasi  teknologi  dan penanganan awal (dini) /jemput bola permasalahan agribisnis  dan agroindustri secara cepat kepada petani dan pelaku usaha sehingga terjadi percepatan proses pembangunan dan kemandirian petani.

Fasilitas

  1. Mobil Keliling
  2. Isi mobil : layar TV, CD, LCD, kamera, brosur-brosur, PUTS, bagan warna daun, pupuk, pestisida,sarana prasana uji makanandan lain.

Sasaran

  1. Petani,pelaku usaha, masyarakat  umum  dan kelembagaan tani  (kelompok tani) yang relatif kurang memperoleh akses ilmu dan teknologi agribisnis dan agroindustri
  2. Petani, pelaku usaha, masyarakat umum yang relatif kurang memperhatikan bidang agribisnis dan agroindustri.

Jenis Pelayanan

  1. Konsultasi
  2. Rekomendasi
  3. Fasilitasi
  4. Mediasi
  5. Penyuluhan dan Penyebaran Informasi
  6. Penanganan Awal

Jenis Pelayanan Konsultasi adalah pelayanan yang diberikan petugas kepada pelaku utama (petani) dan pelaku usaha atas pertanyaan terkait dengan kesulitan dalam menerapkan teknologi baik budidaya maupun penanganan pasca panen, pengolahan dan pemasaran hasil pertanian perikanan dan kehutanan.

Pelayanan Rekomendasi merupakan pelayanan yang diberikan berupa suatu rekomendasi/solusi awal atas permasalahan pertanian perikanan dan kehutanan. Rekomendasi yang dibuat dapat mengkait dengan Dinas/Badan/Instansi yang lain.

Fasilitasi merupakan pelayanan yang diberikan antara lain berupa : 1. uji/penelitian awal seperti tes kandungan nitrogen dengan bagan warna daun, tes kandungan tanah dengan PUTS, dan identifikasi jenis Organisme Pengganggu Tanaman (OPT)  2. Pertemuan kelompok 3.  Menghubungkan kepada para pihak terkait.

Pelayanan Mediasi merupakan jenis pelayanan yang turut aktif memberikan suatu solusi apabila terjadi konflik baik internal maupun eksternak kelembagaan tani.

Penyuluhan dan penyebaran informasi merupakan pelayanan dengan memberikan berbagai informasi ilmu, teknologi, akses , sumber pembiayaan dan berbagai fasilitasi.

Penanganan Awal merupakan jenis pelayanan dengan memberikan tindakan awal baik terkait dengan budidaya maupun pengolahan/pemasaran hasil misalnya memberikan contoh cara memupuk, memangkas, mengendalikan hama/penyakit,  mengemas produk dan lain-lain.

Teknis Pelaksanaan

  1. Diperpautkan Kabupaten membuat jadwal kunjungan kesasaran/kelompok atau menerima usulan/laporan dari kelompok yang diketahui BP3K Kecamatan sebagai dasar pembuatan jadwal.
  2. Mobil KAK dalam waktu paling lama  3 hari dari diterimanya usulan/laporan dari kelompok harus sudah sampai ke lokasi kelompok sasaran.
  3. Waktu pelayanan mulai jam 10.00 – 16.00 WIB. Untuk sementara pelayanan malam hari belum bisa dilaksanakan mengingat keterbatasan sumber daya manusia dan sarana prasarana.

Petugas

  1. Penyuluh Ahli
  2. Petugas Ahli
  3. Peneliti
  4. Praktisi Ahli

Klinik Agribisnis Keliling telah dilaksanakan 3 tahun ini. Dalam pelaksanaannya kegiatan klinik ini mendapat respon/sambutan yang positif dari petani dan pelaku usaha agribisnis. Kedepan pelayanan klinik agribisnis keliling akan ditingkatkan baik frekuensi/kuantitas maupun kualitasnya.