Berita

GEBRAKAN… BANTUL MEMBENTUK TARUNA TANI

Kamis Pon, 27 Juli 2017 13:40 WIB 2872

foto

Dewasa ini petani di Bantul sebagian berusia lanjut. Disisi lain keadaan tersebut  selama ini belum diikuti dengan kaderisasi yang berjalan dan berkelanjutan. Menurut Kepala Diperpautkan Kabupaten Bantul, Ir. Pulung Haryadi, M.Sc.: hal ini disebabkan minat generasi muda pada dunia pertanian khususnya pada sub sektor tanaman pangan relatif rendah.

Pemerintah Kabupaten Bantul melihat keadaan yang demikian ini tidak tinggal diam. Dinas Pertanian Pangan Kelautan dan Perikanan (Diperpautkan) Kabupaten Bantul  melakukan aksi nyata membentuk taruna tani dan melaksanakan Sekolah Lapang Agribisnis. Dua kegiatan ini pesertanya berasal dari generasi muda pertanian. Demikian dikatakan Ir. Imawan Eko Handriyanto, M.P. ,Kasi Penyuluhan Dinas Pertanian Pangan Kelautan dan Perikanan (Diperpautkan) Kabupaten Bantul, baru-baru ini di Selopamioro Imogiri Bantul saat pembentukan Taruna Tani.

Adapun tujuan dari pembentukan taruna tani ini adalah :1). Melaksanakan kaderisasi petani 2). Membentuk generasi petani yang kompeten di bidangnya. Rangkaian kegiatan meliputi sosialisasi, pembentukan dan pelatihan manajemen taruna tani. Pada tahun ini kegiatan dilaksanakan di 5 desa yaitu : 1). Desa Selopamioro, Imogiri 2).Desa Pendowoharjo, Sewon 3) Desa Tamanan Banguntapan 4) Desa Palbapang Bantul 5). Desa Gilangharjo, Pandak.

Pembentukan taruna tani ini yang sudah dilengkapi pengurus dituangkan dalam berita acara . Selanjutnya lembaga taruna tani tersebut diregister di Bidang Prasarana Sarana dan Penyuluhan Diperpautkan Kabupaten Bantul. Adanya pembentukan ini diharapkan mendapat dukungan dari berbagai pihak seperti Kecamatan dan Desa. Dukungan ini penting artinya  agar organisasi taruna tani ini dapat segera aktif untuk merealisasikan program kerjanya. Taruna tani diharapkan bisa bermitra kuat dengan desa, kecamatan, Balai Penyuluhan, pihak swasta dan instansi terkait lainnya.