Berita

PRAKTEK LAPANGAN DALAM RANGKA PELATIHAN TEKNIS DESA MANDIRI PANGAN DINAS PERTANIAN PANGAN KELAUTAN DAN PERIKANAN KABUPATEN BANTUL DI KWT SUMBER REJEKI KABUPATEN SRAGEN

Jumat Legi, 26 Mei 2017 09:30 WIB 3251

foto

Desa Mandiri Pangan merupakan desa yang masyarakatnya mempunyai kemampuan untuk mewujudkan ketahanan pangan dan gizi melalui  pengembangan subsistem ketersediaan, subsistem distribusi, dan subsistem konsumsi dengan memanfaatkan sumberdaya setempat secara berkelanjutan. Tujuan dengan adanya Desa Mandiri Pangan adalah untuk meningkatkan Ketahanan Pangan dan Gizi (mengurangi kerawanan pangan dan gizi)  masyarakat melalui pendayagunaan sumberdaya, kelembagaan dan budaya lokal di perdesaan. Sasarannya agar terwujudnya ketahanan pangan dan gizi tingkat desa yang ditandai dengan berkurangnya tingkat kerawanan pangan dan gizi.

Untuk meningkatkan usaha kelompok affinitas serta meningkatkan pemberdayaan masyarakat yang ada di Desa Mandiri Pangan, Dinas Pertanian Pangan Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bantul melaksanakan Pelatihan Teknis Desa Mandiri Pangan dengan peserta dari 6 Desa Mandiri Pangan. Pada materi praktek, segenap kelompok affinitas sebagai peserta kunjungan ke KWT Sumber Rejeki Desa Banaran, Kecamatan Sambungmacan, Kabupaten Sragen pada Kamis, 18 Mei 2017.

Dipilihnya KWT tersebut sebagai lokasi praktek karena kelompok tersebut dinilai berhasil dalam pemberdayaan kelompok melalui pengembangan usaha produktif seperti budidaya sayuran, buah, olahan tepung mocaf, dan lain-lain sebagai upaya peningkatan pendapatan keluarga. Jumlah anggota KWT ada 50 orang, pertemuan dilaksanakan secara rutin dengan pendamping yang mempunyai dedikasi bagus, penuh inovasi menjadikan KWT tersebut meraih banyak prestasi. (TauP)