Berita

BUDIDAYA IKAN LELE SISTEM PADAT TEBAR DAN BUDIDAYA IKAN GURAMI HEMAT AIR (MATLAIR)

Rabu Wage, 24 Mei 2017 15:53 WIB 3894

foto

Sistem Padat Tebar Tinggi adalah suatu teknologi budidaya yang bertujuan untuk meningkatkan produktivitas kolam dengan cara merekayasa konstruksi kolam, ikan, pakan dan air sehingga pada periode tertentu mampu menampung ikan dalam tingkat kepadatan tinggi. Penebaran benih ikan dengan sistem ini tingkat kepadatannya minimal 300 ekor/m³. Kelebihan sistem ini produktivitasnya tinggi (min 50 kg/m³), tingkat kegagalan rendah (hama, penyakit, banjir), mudah dalam penanganan (pengendalian kualitas air, sampling, grading, panen), mudah dalam menginput data (BR, BB, FCR), tidak meleset dari target (jumlah, frekuensi) dan hasil produksi berkualitas (ukuran seragam, daging padat, bersih, tidak berbau, rasa lebih enak).

Sistem Budidaya Gurami Hemat Air adalah suatu teknologi budidaya ikan Gurami yang membutuhkan air dalam jumlah sedikit pada proses budidayanya. Gurami bisa hidup di tempat yang banyak sinar matahari ataupun dalam tempat yang teduh. Untuk pergantian air bisa dilakukan 2 bulan satu kali karena pakan dari gurami tersebut berupa pakan alami sehingga sisa makanan dan kotoran ikan tidak menimbulkan racun. Pembersihan kolam dilakukan dengan penyedotan air yang ada di dasar kolam menggunakan sipon.

Untuk memberikan pemahaman kepada para pembudidaya ikan di Kabupaten Bantul, Dinas Pertanian Pangan Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bantul melalui Bidang Kelautan dan Perikanan melaksanakan Pelatihan Budidaya Ikan Air Tawar pada 18, 19 dan 22 Mei 2017. Pelatihan ini diikuti oleh 30 peserta (pembudidaya pemula) yang berasal dari Desa Wijirejo, Pandak.

Pada hari ke-3 pelatihan dilaksanakan di rumah Bapak M. Zainun Ikhsan, S.Pi, Garon RT 03 Panggungharjo, Sewon. Para peserta mendapatkan materi tentang Budidaya Lele “Sistem Padat Tebar Tinggi” yang disampaikan oleh Bapak M. Zainun Ikhsan, S.Pi (Penyuluh Perikanan Swadaya). Pelatihan dilanjutkan dengan mengunjungi Kelompok Mina Mulya yang beralamat di rumah Bapak Sunarto Kampung Gurami Kergan, Tirtomulyo, Kretek, Bantul. Dengan adanya pelatihan ini diharapkan para pembudidaya ikan dapat mengaplikasikan teknologi budidaya ikan dengan sistem “Padat Tebar Tinggi” dan sistem Matlair untuk meningkatkan produktivitas ikan. (TauP)