Berita

LOMBA CIPTA MENU B2SA (BERAGAM, BERGIZI, SEIMBANG DAN AMAN) BERBASIS SUMBER DAYA LOKAL TAHUN 2017

Rabu Pahing, 17 Mei 2017 14:21 WIB 12843

foto

Menu adalah susunan makanan untuk  dikonsumsi baik untuk sekali atau beberapa kali waktu makan. Pangan Beragam, Bergizi Seimbang, dan Aman (B2SA) adalah aneka ragam bahan pangan, baik sumber karbohidrat, protein, maupun vitamin dan mineral, yang bila dikonsumsi dalam jumlah seimbang dapat memenuhi kecukupan gizi yang dianjurkan dan tidak tercemar bahan berbahaya yang merugikan kesehatan.

Untuk mendukung  dan terciptanya Menu Pangan Beragam, Bergizi Seimbang, dan Aman (B2SA) Dinas Pertanian Pangan Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bantul melalui Bidang Ketahanan Pangan melaksanakan Lomba Cipta Menu B2SA (Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman) Berbasis Sumber Lokal pada hari Rabu, 10 Mei 2017 di Gedung Pertemuan Kompleks II Pemda Bantul. Lomba ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat akan pentingnya konsumsi pangan B2SA, meningkatkan pemahaman peserta/masyarakat dalam penerapan prinsip B2SA serta mendorong dan meningkatkan kreativitas masyarakat dalam mengembangkan dan menciptakan menu B2SA berbasis sumber daya lokal. Kegiatan ini terlaksana berkat kerjasama antara Dinas Pertanian Pangan Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bantul dengan TP PKK Kabupaten Bantul, yang dilaksanakan secara rutin setiap tahun. Lomba ini diikuti oleh 17 Peserta (TP PKK Kecamatan) yang mewakili masing-masing kecamatan di Kabupaten Bantul. Tim Yuri terdiri dari Dinas Kesehatan, TP PKK Kabupaten dan SMK Negeri 1 Pandak, Bantul.

Penilaian lomba berdasarkan Penilaian Menu 3 hari (Pemenuhan Prinsip B2SA, Keragaman jenis pangan  dalam menu keluarga selama 3 hari), Penilaian Saat Lomba (Keragaman dan keseimbangan antar kelompok, Kreativitas dalam pengembangan resep makanan khas daerah yang memenuhi prinsip B2SA, Penampilan dan cara penyajian, Cita rasa) serta Dukungan Penerapan Konsumsi Pangan B2SA. Kreativitas, penyusunan menu, keseimbangan dan keselarasan penyajian peserta setiap tahun semakin meningkat. Adapun hasil Lomba Cipta Menu B2SA (Beragam, Bergizi, Seimbang Dan Aman) Berbasis Sumber Daya Lokal Tahun  2017 adalah sebagai berikut :

Juara I diraih oleh TP PKK Kecamatan Kretek, Juara II diraih oleh TP PKK Kecamatan Sanden, Juara III diraih oleh TP PKK Kecamatan Banguntapan, Juara Harapan I diraih oleh TP PKK Kecamatan Pleret dan Juara Harapan II diraih oleh TP PKK Kecamatan Srandakan. Masing- masing juara memperoleh hadiah uang pembinaan dan piagam perhargaan dari Dinas Pertanian Pangan Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bantul. Juara I (TP PKK Kecamatan Kretek) akan mewakili Kabupaten Bantul dalam Lomba serupa di tingkat Daerah Istimewa Yogyakarta. (TauP)