Berita

Pengawasan, Pemantauan, Dan Pemeriksaan Hewan Qurban Tahun 2016

Senin Wage, 26 September 2016 10:20 WIB 3420

foto
Bapak Plt. Kepala Dinas Pertanian dan Kehutanan Kab. Bantul Ir. Pulung Haryadi, M.Sc bersama tim pengawasan, pemantauan, dan pemeriksaan hewan qurban sedang melakukan pemeriksaan hewan qurban di salah satu tempat penjualan hewan qurban.

Untuk menjaga hewan qurban agar sehat dan bebas dari penyakit hewan menular serta daging hewan qurban aman, sehat, utuh dan halal (ASUH) maka Bidang Kesehatan Hewan Dinas Pertanian dan Kehutanan Kabupaten Bantul melaksanakan Kegiatan Pengawasan, Pemantauan, dan Pemeriksaan Hewan Qurban.

Sasaran pengawasan, pemantauan, dan pemeriksaan kesehatan hewan qurban yaitu tempat penjualan hewan qurban/TPHQ di 28 titik pengawasan yang tersebar di 17 kecamatan wilayah Kabupaten Bantul. Dalam kegiatan sebelum hari H tersebut petugas melakukan pemeriksaan kesehatan hewan dan memberikan Surat Keterangan Kesehatan Hewan bagi hewan yang sehat.

Pengawasan, pemantauan, dan pemeriksaan hewan qurban pada Hari Raya Idul Adha tanggal 12 September 2016 dan H+3 yaitu sampai tanggal 14 September 2016. Kegiatan tersebut dilaksanakan oleh tim pemeriksa hewan qurban yang berjumlah 150 orang yang terdiri dari petugas Dinas Pertanian dan Kehutanan dan mahasiswa dari Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Gadjah Mada Yogyakarta.

Hasil pemantauan pada 1785 titik pemotongan hewan qurban di wilayah Kabupaten Bantul, yaitu sapi 4884 ekor, kambing 5112, dan domba 1785 ekor. Kejadian kasus infestasi cacing hati pada sapi 158 kasus, kambing 18 kasus, dan domba 13 kasus. Hewan yang terinfeksi cacing hati, daging tetap sehat dan layak untuk dikonsumsi, akan tetapi bagian hati yang rusak harus dimusnahkan dengan dibakar atau dikubur, mengingat cacing ini mengeluarkan kotoran yang bersifat toksid selama hidupnya. (TauP)