Berita

Penilaian Lomba Kelompok Ternak dan Petugas Tingkat Kabupaten

Rabu Pon, 13 April 2016 12:48 WIB 3577

foto

Lomba kelompok ternak dan petugas merupakan kegiatan rutin Dinas Pertanian dan Kehutanan dalam rangka meningkatkan kinerja dalam pencapaian sasaran pembangunan peternakan dan kesehatan hewan di Kabupaten Bantul. Beberapa pekan yang lalu dimulai tanggal 2 Maret hingga 22 Maret telah dilaksanakan penilaian dan evaluasi untuk lomba kelompok ternak dan petugas di tingkat kabupaten Bantul.

Aspek yang dinilai dalam evaluasi kelompok ternak unggas, sapi dan kambing meliputi aspek usaha agribisnis hulu meliputi bibit, pakan, alat dan mesin, obat/vaksin, aspek budidaya / on farm, aspek usaha agribisnis hilir yang meliputi pasca panen dan limbah dan aspek pendukung / kelembagaan. Hasil dari lomba kelompok ternak sapi adalah KT Andini Mulyo, Karang, Tirtohargo, Kretek memperoleh juara I, KT Manunggal, Bibis, Poncosari, Srandakan sebagai juara II, KT Ngremboko, Srunggan, Karangtengah, Imogiri sebagai juara III. Dari kategori lomba kelompok ternak kambing diperoleh hasil KT Mitra Mulya, Mutihan, Srimartani, Piyungan sebagai juara I, KT Sido Mujur, Trisigan I, Murtigading, Sanden sebagai juara II, dan KT Margo Mulyo, Serut, Palbapang, Bantul sebagai juara III. Dan dari kategori kelompok ternak itik hasilnya adalah KT Unggul Mulyo, Kebondalem, Sumbermulyo, Bambanglipuro sebagai juara I, KT Sari Manunggal, Tegalrejo, Srigading, Sanden sebagai juara II, dan KT Niti Rejeki, Bedukan, Pleret, Pleret sebagai juara III.

Penilaian dari evaluasi dokter hewan meliputi unsur pelayanan; status kesehatan hewan; upaya mendorong peningkatan kewirausahaan di masyarakat kelompok; pelaporan penyakit, komunikasi, informasi dan edukasi; tingakt kompetensi / prestasi kerja; sarana dan prasarana Puskeswan; organisasi serta dukungan dana dan peningkatan ketrampilan. Hasil penilaian lomba kelompok ternak dan petugas untuk kategori petugas doter hewan adalah drh. Sri Rahayu dari Puskeswan Pundong sebagai Juara I, drh. Suhiryanto dari Puskeswan Pandak sebagai juara II, dan drh. Winarti dari Puskeswan Sanden sebagai juara III.

Sedangkan dari kategori petugas inseminator hasil yang diperoleh adalah Eriyanto dari ULIB Sanden sebagai juara I, Walidiyanto dari ULIB Piyungan sebagai juara II, Sudarman dari ULIB Bambanglipuro sebagai juara III.  Penilaian dari evaluasi petugas inseminator meliputi persentasi makalah, pelayanan terhadap peternak, penerapan teknologi inseminasi buatan, penanganan resiko dan kesulitan, prestasi pelayanan, pelaporan dan penunjang.

Dari hasil penilaian tingkat kabupaten bagi kelompok yang menerima juara I akan mewakili Kabupaten Bantul untuk maju di tingkat DIY yang evaluasinya akan dilaksanakan    tanggal 12 April untuk kelompok ternak kambing, 13 April untuk kelompok ternak sapi, 20 April untuk petugas Inseminator dan 26 April untuk penilaian dokter hewan. (deSh)