Berita

Koordinasi JFT Lingkup Dipertahut Bantul

Selasa Pahing, 24 November 2015 08:42 WIB 3190

foto

Jumat (20/11) dilaksanakan koordinasi dalam rangka penjelasan tentang Jabatan Fungsional Tertentu (JFT) bagi Aparatur Sipil Negara di Dinas Pertanian dan Kehutanan Kabupaten Bantul. Menghadirkan narasumber dari Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Bantul, kepala bidang mutasi dan kepangkatan, L. Wahyu Priyanto dan  kepala sub bidang mutasi, Suparwanto.

 

Koordinasi ini menindaklanjuti Jabatan Fungsional Tertentu seperti medik veteriner dan paramedik veteriner di Dipertahut yang memiliki keharusan memiliki PAK (Penetapan Angka Kredit) untuk dapat naik pangkat. Koordinasi juga ini dilaksanakan untuk menindaklanjuti surat dari BKD Bantul Nomor 823/904 tertanggal 3 Juni 2015 tentang Pengusulan Kenaikan Pangkat Periode 1 Oktober 2015 dimana salah satu poinnya adalah bagi CPNS formasi jabatan fungsional tertentu yang sudah diangkat menjadi PNS telah 4 (empat) tahun atau lebih dan belum diangkat ke dalam jabatan fungsional tertentu hanya dapat diberikan toleransi kenaikan pangkat reguler 1 (satu) kali, selanjutnya harus diangkat kedalam jabatan sesuai formasi. Seperti diketahui beberapa ASN periode 2009/2010 memiliki SPMT sebagai JFT yang belum ditempatkan sesuai formasi awal pengangkatan sehingga perlu dilakukan beberapa penyesuaian.

 

Koordinasi JFT ini adalah kali kedua dilaksanakan koordinasi mengenai ASN di Dipertahut Bantul. Menurut Kepala Bidang Mutasi dan Kepangkatan, L. Wahyu Priyanto hal yang harus dilakukan pertama adalah membuat usulan PAK (Penetapan Angka Kredit) bagi JFT. PAK ini nantinya akan dinilai oleh tim penilai dari kabupaten. Apabila ternyata ada JFT yang tidak memiliki tim penilai di Kabupaten Bantul dapat dinilaikan pada tim penilai di tingkat atas yaitu propinsi atau pusat atau dapat pula dinilai oleh tim penilai dari kabupaten atau propinsi lain. Fungsi BKD  sendiri adalah sebagai verifikator PAK dari JFT tersebut. (deSh)