Berita

Koordinasi Petugas Pengawas Hewan Qurban

Senin Kliwon, 28 September 2015 15:13 WIB 2807

foto

Senin (21/09) bertempat di Aula II Kompleks Pemda Manding dilaksanakan koordinasi pengawasan hewan qurban bagi 150 petugas terdiri dari 50 orang mahasiswa dari Fakultas Kedokteran Hewan UGM dan 100 orang petugas dari Kesehatan Hewan dan Kader Keswan. Pengawasan hewan qurban sendiri direncanakan dilaksanakan dari pelaksaan Hari Raya Idul Adha hingga H+3.

 

Acara dibuka oleh Kepala Bidang Kesehatan Hewan, drh. Agus Rachmad Susanto dilanjutkan paparan dari Kepala Seksi Kesehatan Masyarakat Veteriner, drh. Witanta tentang Standar Operasional Prosedur (SOP) Pengawasan Teknis Hewan Qurban 1436 H / 2015 M.

 

SOP ini antara lain berisi tentang persyaratan hewan qurban, persyaratan tempat penampungan hewan qurban, teknik penyembelihan hewan qurban mulai dari perawatan di tempat penampungan hewan, penyembelihan hingga penanganan hewan qurban. Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam penyembelihan hewan qurban diantaranya adalah mencegah perlakuan kasar dan menyakitkan yang dapat menimbulkan ketakutan atau hewan menjadi tersiksa pada saat disembelih, selain itu menjelang disembelih hewan dirobohkan perlahan menggunakan sistem ikatan tali tertentu sehingga tidak menyebabkan hewan kesakitan atau stres serta menggunakan pisau tajam agar tidak menyiksa hewan.

 

SOP ini akan menjadi dasar pelaksanaan apakah pelaksanaan qurban telah sesuai dengan prosedur, apabila terjadi hal-hal seperti beberapa kasus tentang jagal dan proses penyembelihan yang tidak memperhatikan syariat penyembelihan yang baik akan menjadi evaluasi tersendiri dan menjadi dasar pelaksanaan bimbingan teknis pemotongan hewan qurban bagi takmir tahun mendatang. (deSh)