Berita

Puskeswan Piyungan wakili Bantul dalam Penilaian Abdi Bhakti Tani

Selasa Wage, 22 September 2015 14:40 WIB 3118

foto

Dalam rangka mencapai tujuan pembangunan pertanian, salah satunya adalah meningkatkan mutu pelayanan Unit Kerja Pelayanan Publik (UKPP) bidang pertanian kepada masyarakat. Untuk maksud tersebut Menteri Pertanian memberikan penghargaan Abdi Bakti Tani kepada UKPP yang berprestasi dalam meningkatkan kinerja pelayanannya kepada publik. Penilaian Abdi Bhakti Tani bertujuan dalam mendorong dan memotivasi unit pelayanan menggerakkan sumberdaya dalam memperbaiki dan meningkatkan kualitas kinerja pelayanan.

 

Kamis (17/09) yang lalu tim penilai Lomba Bhakti Tani dari Kementerian Pertanian melaksanakan penilaian di Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan) Piyungan. Widyaiswara Utama Kementan, Winarhadi mengungkapkan maksud dari penilaian tersebut adalah melakukan evaluasi dan meningkatkan kinerja UPT di bidang pertanian dimana prinsip kerjanya petani dan peternak merasa terlayani dengan baik. Semua upaya peningkatan pelayanan kesehatan hewan kepada masyarakat diharapkan bisa menunjang target swasembada daging Indonesia.

 

Unsur yang dinilai dalam penilaian Abdi Bhakti Tani meliputi standar pelayanan, dasar hukum standar pelayanan, moto dan maklumat, jam pelayanan, administasi, SOP pelayanan, tarif pelayanan, produk layanan, fasilitas, uji kompetensi pelayanan, sistem pengendalian internal, mekanisme penanganan pengaduan, jumlah pelaksana pelayanan, jaminan pelayanan, frekuensi kunjungan pemangku kepentingan, kerja sama dengan pihak lain, penghargaan serta inovasi pelayanan publik. UKPP ini berdampak peningkatan kesejahteraan terutama dalam pembinaan kelompok ternak dan inovasi pelayanan publik pendampingan kelompok dalam pengelolaan limbah ternak.

 

Tahun 2015 ini adalah kali ketiga Dinas Pertanian dan Kehutanan Kabupaten Bantul melalui Unit Pelaksana Teknis (UPT) mewakili Kabupaten Bantul dalam lomba Abdi Bhakti Tani setelah sebelumnya di tahun 2011 UPT Balai Benih Pertanian (BBP) Barongan menerima penghargaan sebagai Unit Kerja Pelayanan Publik Berprestasi dan tahun 2013 UPT Puskeswan sebagai UPT berprestasi utama dalam bidang pelayanan publik kepada masyarakat. (deSh)