Berita

Sosialisasi Penyakit Hewan Menular di Murtigading

Senin Legi, 14 September 2015 08:02 WIB 2917

foto

Avian Influenza (AI) adalah salah satu penyakit menular akut pada keluarga unggas yang disebabkan oleh virus HPAI H5N1 dan berpotensi menyerang manusia dan menimbulkan kematian. Angka kematian per Desember 2012 adalah sebesar 83,2% (artinya dari 191 kasus/orang diduga terinfeksi telah meninggal dunia 159 orang). Keluarga unggas yang dimaksud antara lain ayam pedaging, ayam petelur, ayam kampung, itik/bebek, enthog, burung merpati, puyuh dan lain-lain. Sejak 2003 sampai dengan pertengahan 2012 virus HPAI H5N1 clade 2.1 kebanyakan menyerang non unggas air dan menyebabkan kematian mendadak tanpa gejala sakit. Setelah pertengahan tahun 2012 muncul virus baru HPAI H5N1 jenis baru clade 2.3.2 yang menyerang unggas air (itik/bebek, enthog) dan menyebabkan kematian dengan gejala klinis seperti inkoordinasi (sempoyongan), terticolis (leher terpuntir) dan mata berwarna putih keabuan mirip katarak.

 

Avian Influenza dan anthrax adalah salah satu materi yang diberikan oleh pemateri dari Dinas Pertanian dan Kehutanan Kabupaten Bantul dalam acara sosialisasi penyakit hewan menular yang dilaksanakan Kamis (10/09) yang lalu bertempat di Balai Desa Murtigading, Sanden. Acara ini juga menghadirkan Bidang Kesehatan Hewan,  Kepala Seksi Pengamatan, Pencegahan dan Pemberantasan Penyakit Hewan, serta drh. Sri Imawati medik veteriner Puskeswan Sanden dan mengundang 25 orang peserta dari masyarakat, kelompok ternak, tokoh masyarakat dan kader kesehatan hewan.

 

Dalam paparannya, Kepala Seksi Pengamatan, Pencegahan dan Pemberantasan Penyakit Hewan, drh. Wisnu Sukmono mengatakan jika masyarakat menemukan atau mengetahui hewan / ternak mati diduga terjangkit AI atau anthrax untuk segera melaporkan kepada dokter hewan atau Puskeswan terdekat. (deSh)