Berita

Pelatihan Petani PLKSDA-BM

Senin Legi, 14 September 2015 07:57 WIB 3508

foto

Penanganan lahan kritis dan sumber daya air diperlukan berkaitan dengan usaha untuk meningkatkan pendapatan masyarakat sehingga partisipasi masyarakat meningkat, ekonomi masyarakat meningkat dan konservasi lahan dan sumber daya air tercapai. Tujuan dari program Penanganan Lahan Kritis dan Sumber Daya Air Berbasis Masyarakat  (PLKSDA-BM) adalah untuk memperbaiki lahan berpotensi kritis untuk menjadi lahan produktif yang menghasilkan nilai ekonomis dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat miskin dengan melibatkan kerja sama multi pihak antara pemerintah, masyarakat, perguruan tinggi dan LSM.

 

Pelatihan petani Penanganan Lahan Kritis dan Sumber Daya Air Berbasis Masyarakat (PLKSDA-BM) telah dilaksanakan 31 Agustus dan 1 September yang lalu bertempat di gedung dakwah Muhammadiyah Bantul. Materi yang diberikan meliputi program PLKSDA-BM, konservasi tanah dan air, pembuatan terasering dan saluran pembuangan air, pemeliharaan tanaman buah-buahan dan pengendalian OPT, budiaya jagung, kacang tanah dan kedelai serta pemilihan bibit dan penanaman.

 

Peserta pelatihan petani PLKSDA-BM adalah kelompok pelaksana kegiatan dari KT Kitri Dadi, Soko, Seloharjo, Pundong dan KT Sedyo Maju, Pencit Rejo, Terong, Dlingo serta Tenaga Pendamping Masyarakat (TPM) sebanyak 2 orang. Kegiatan ini merupakan kegiatan lanjutan yang telah dilaksanakan sejak tahun 2013 di Dusun Nawungan I dan Nawungan II, Selopamioro, Imogiri seluas 35 Ha dan dilanjutkan tahun 2015 ini di Seloharjo, Pundong seluas 7 Ha dan  Terong, Dlingo seluas 4 Ha. (deSh)