Berita

Pelatihan Trap Barrier System di Dipertahut

Rabu Wage, 29 Juli 2015 14:51 WIB 4260

foto

Berlangsung selama tiga hari ini, dari hari Senin (27/07) yang lalu dilaksanakan pelatihan TBS (Trap Barrier System) di Aula Dipertahut Bantul. Acara ini mengundang perwakilan dari KT Samben, Argomulyo dan KT Gubug, Argosari serta Gapoktan Wonokromo, Pleret. Selain itu pelatihan ini mengundang pula petugas Babinsa, Mantri Tani, PPL Wilbinsus, serta petugas POPT kecamatan setempat. Materi dari pelatihan ini antara lain kebijakan perlindungan tanaman, implementasi pengendalian hama, pengendalian tikus dengan TBS, pengenalan perangkap TBS yang diberikan oleh narasumber dari Dipertahut Bantul, BPTPH DIY, BPTP DIY dan koordinator POPT Kabupaten Bantul.

 

Trap Barrier System adalah salah satu sistem pengendalian hama tikus pada komoditas tanaman padi dengan menggunakan plastik / terpal pada lahan dengan memadukan penggunaan perangkap tikus. Hari ini, Rabu (29/07) akan dilaksanakan praktek langsung di lapangan di kelompok tani Jangkrikan, Argosari, Sedayu.

 

Harapan dari dilaksanakannya pelatihan ini adalah petani mampu mengerti apa itu TBS, cara pemasangan, keuntungan dan kelebihan dari penggunaan sistem pengendalian hama tikus ini.

Keuntungan dari penggunaan TBS ini antara lain teknologinya sederhana sehingga mudah dilakukan oleh petani, bahan TBS tersedia dipasaran, pemasangan mudah, TBS tidak memberikan efek jera pada tikus sehingga tikus yang lain akan kembali terperangkap, serta dampak lingkungan kecil. Namun kekurangan dari TBS adalah pemakaian skala luas dan biaya yang cukup tinggi menjadi kendala tersendiri. (deSh)