Berita

Peresmian Kegiatan Pembangunan di Barongan

Kamis Legi, 11 Juni 2015 09:19 WIB 2756

foto
Penyerahan bantuan oleh Bupati Bantul

Rabu (10/06) dilaksanakan peresmian kegiatan-kegiatan pembangunan oleh Bupati Bantul, Hj. Sri Surya Widati dalam rangka peringatan hari jadi Kabupaten Bantul ke-184. Bertempat di BBI Barongan, Bupati Bantul secara simbolis meresmikan kegiatan-kegiatan yang diampu oleh Dinas Sumber Daya Air, Dinas Kelautan dan Perikanan serta Dinas Pertanian dan Kehutanan Kabupaten Bantul. Dari Dinas Kelautan dan Perikanan dilaksanakan peresmian kolam BBI Barongan dan penandatanganan prasasti, sedangkan dari Dinas SDA dilaksanakan peresmian kegiatan rehabilitasi jaringan irigasi.

 

Dari Dinas Pertanian dan Kehutanan Kabupaten Bantul menyerahkan secara simbolis beberapa bantuan dan hadiah evaluasi kelompok ternak tingkat Kabupaten tahun 2015. Bantuan yang diserahkan meliputi penyerahan secara simbolis slanger mewakili dua kegiatan yang memberikan bantuan handtraktor kepada kelompok tani. Bantuan pertama dari kegiatan Percepatan Pembangunan Pertanian yang bersumber dari dana APBD Kabupaten 2014 dengan total anggaran 875 juta untuk 35 unit handtraktor yang penyerahannya diterima secara simbolis oleh KT Sumber Rejeki, Dukuh Balakan, Sumberagung, Jetis, Bantul. Bantuan kedua berasal dari kegiatan refocusing APBN 2015 dari Direktorat Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian Kementerian Pertanian RI dengan total bantuan handtraktor sejumlah 18 unit diterima secara simbolis oleh KT Sido Makmur, Ponegaran, Jambidan, Banguntapan; KT Makmur, Kentolan Lor, Guwosari, Pajangan; dan KT Ngudi Rejeki, Jetis, Panjangrejo, Pundong.

 

Dari kegiatan Penyuluhan Peningkatan Produksi Pertanian / Perkebunan dana APBD Kabupaten 2015 dengan total anggaran Rp 951.947.000,- salah satu sub kegiatannya adalah peningkatan produksi padi Bantul yaitu Inpari 23 Bantul, Inpari 24 Gabusan dan Inpari 25 Opak. Bentuk kegiatannya dengan pemberian bantuan benih dan pupuk NPK, urea, dan pupuk organik untuk 17 kecamatan. Secara simbolis bantuan diterima oleh KT Boga Lestari, Samben, Argomulyo, Sedayu untuk bantuan benih dan saprodi seluas 3 Ha. Dari dana APBN 2015 Gerakan Penerapan Pengelolaan Tanaman Terpadu (GP-PTT) jagung dan kedelai dilakukan penyerahan secara simbolis oleh Bupati Bantul buku rekening untuk Gapoktan Sedyo Makmur, Gilangharjo, Pandak dengan nilai Rp 20.830.000,- untuk GP-PTT jagung dan Rp 18.040.000 untuk GP-PTT kedelai.

 

Selain penyerahan bantuan kegiatan, juga dilaksanakan penyerahan hadiah evaluasi kelompok ternak dan petugas tingkat Kabupaten Bantul kegiatan Bimbingan Pemberdayaan Kelompok dengan total hadiah senilai 42 juta rupiah. Kategori dokter hewan berprestasi juara I diraih oleh drh. Sigit Purnomo dari Puskeswan Pleret. Kategori kelompok ternak sapi diraih oleh KT Ngudi Rahayu, Sumberbatikan, Bantul, Bantul. Kategori kelompok ternak kambing adalah KT Sido Rukun, Brajan, Wonokromo, Pleret. Kategori kelompok unggas diraih oleh kelompok Sido Maju, Geneng, Panggungharjo, Sewon. Dan yang terakhir kategori inseminator juara I diraih Purwono dari Unit Layanan Inseminasi Buatan Dlingo. Juara I dari masing-masing kategori ini akan mewakili Kabupaten Bantul maju dalam lomba kelompok ternak / petugas tingkat DIY yang saat ini dalam proses penilaian.

 

Dalam sambutannya Bupati Bantul, Hj. Sri Surya Widati mengatakan untuk memelihara dan memanfaatkan bantuan yang telah diterima oleh kelompok tani/ternak dengan sebaik-baiknya agar mendatangkan manfaat kembali kepada anggota dan pada akhirnya mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat pada umumnya. (deSh)