Berita

Pertemuan Petugas RPT Kabupaten Bantul

Selasa Pahing, 24 Maret 2015 10:15 WIB 3377

foto

Peningkatan produksi dipengaruhi oleh berbagai faktor baik secara langsung maupun tidak langsung. Salah satu masalah yang dihadapi dalam pengamanan produksi adalah serangan Organisme Pengganggu Tanaman (OPT) yang dapat mengakibatkan gagal panen. Dalam rangka mengantisipasi kerusakan tanaman akibat serangan OPT disiapkan Regu Pengendali Tanaman (OPT) yang terdiri dari petani-petani yang telah dilatih tentang konsep PHT (Pengendalian Hama Terpadu).

 

Kabupaten Bantul memiliki 3 kelompok RPT yaitu RPT Kecamatan Imogiri, Piyungan, dan  Sedayu. Satu kelompok RPT terdiri dari 10 orang anggota dengan tugas antara lain membantu mengamati apabila ada serangan OPT terutama disekitar tempat tinggal serta membantu pengendalian OPT di lokasi. Pertemuan rutin dilaksanakan 2 bulan sekali.

 

Kamis (19/03) yang lali dilaksanakan pertemuan rutin RPT dengan agenda penyusunan kegiatan pengendalian OPT selama 1 tahun serta membantu kegiatan pengendalian tikus di bulak Jangkrikan, Jurug, Argosari, Sedayu dengan pengemposan dan pemasangan TBS bersama. Kabupaten Bantul sendiri sebenarnya memiliki 2 RPT lain di Kecamatan Kretek dan Sewon yang telah dibiayai oleh anggaran APBD DIY. Diharapkan dari 5 RPT yang ada di Kabupaten Bantul pengamanan produksi dapat dilakukan dengan optimal. (deSh)