Berita

170 Karyawan Dipertahut Laksanakan Penanaman Pohon

Kamis Wage, 15 Januari 2015 09:51 WIB 3345

foto

Pemanasan global merupakan dampak dari aktivitas manusia untuk memenuhi kebutuhan hidup dan gaya hidupnya. Aktivitas tersebut secara perlahan disadari atau tidak telah meningkatkan pemanasan global yang berimplikasi pada penurunan produktivitas lahan. Penghijauan atau gerakan penanaman pohon merupakan salah satu upaya dalam menanggulangu penurunan produktivitas lahan tersebut. Selasa (13/01) yang lalu, sekitar 170 karyawan melaksanakan gerakan penanaman pohon bersama bertempat di Kebun Buah Mangunan, Dlingo.

 

Kegiatan penanaman diawali dengan apel pagi bersama seluruh jajaran Dinas Pertanian dan Kehutanan Kabupaten Bantul dan dilanjutkan dengan penanaman pohon. Pohon yang ditanam antara lain 20 buah durian, 20 buah rambutan, 70 buah sirsak dan 60 buah alpukat. Kegiatan yang bertema “Dengan Semangat Kebersamaan Kita Wujudkan Visi dan Misi Dinas Pertanian dan Kehutanan Kabupaten Bantul dengan Gerakan Penanaman Pohon” ini juga dihadiri oleh Bupati Bantul, Kepala Badan Ketahanan Pangan dan Pelaksana Penyuluhan (BKP3) Kabupaten Bantul, Kepala Disnakertrans Kabupaten Bantul, Kepala Bagian Humas Setda Bantul, dan Camat Dlingo. Dari jajaran Dinas Pertanian dan Kehutanan Kabupaten Bantul dihadiri seluruh kepala bidang, kepala seksi, kasubag, kepala UPT serta seluruh staf.

 

Bupati Bantul, Hj. Sri Surya Widati juga melaksanakan penanaman secara simbolis pohon durian sebagai bentuk partisipasi dalam gerakan penanaman pohon. Dalam sambutannya Bupati Bantul, Hj. Sri Surya Widati berharap gerakan penanaman pohon oleh keluarga besar Dipertahut ini dapat memberikan contoh dan lebih memacu semangat warga masyarakat Kabupaten Bantul untuk berpartisipasi dan berperan aktif dalam upaya pelestarian keberadaan dan fungsi sumber daya hutan, tanah dan air serta lingkungannya sehingga dapat meminimalisir dampak negatif adanya pemanasan global dan akibat terjadinya degradasi fungsi hutan dan lahan. (deSh)