Berita

Rakor Bantuan Hibah Peternakan APBD I

Kamis Wage, 15 Januari 2015 09:40 WIB 3908

foto

Kamis (08/01) yang lalu bertempat di aula Dinas Pertanian dan Kehutanan Kabupaten Bantul dilaksanakan rapat koordinasi bantuan hibah peternakan yang berasal dari dana APBD I tahun 2014. Dibuka oleh Plt. Kepala Dinas Pertanian dan Kehutanan, Partogi Dame Pakpahan, BE. SE. M.Si dan dilanjutkan oleh Kepala Seksi Produksi Ternak Ruminansia dari Bidang Pengembangan Peternakan, R. Bimo Ariwibowo, S.Hut. MT. yang memaparkan tentang pedoman pemanfaatan dana bantuan hibah APBD I tahun anggaran 2014. Hibah diberikan dalam bentuk uang kepada kelompok untuk kemudian  dibelikan ternak sapi dan kambing dimana ternak dipilih dan dibeli sesuai dengan persyaratan teknis

 

Hibah ternak kambing diterima oleh 53 kelompok ternak di 13 kecamatan. Bantuan kambing ini senilai Rp 25.000.000,-/kelompok dengan perincian pengadaan kambing bligon (14 betina dan 2 pejantan) atau pengadaan kambing PE (7 betina dan 1 pejantan). Untuk bantuan sapi diterima 9 kelompok dengan perincian 3 kelompok dari kecamatan Pundong, 2 kelompok dari kecamatan Piyungan, dan masing-masing 1 kelompok dari kecamatan Pleret, Banguntapan, Dlingo, dan Sewon. Bantuan senilai Rp 70.000.000,-/kelompok ini dibelikan minimal 7 ekor sapi dengan pendampingan dari petugas teknis kecamatan dan kabupaten selama pengadaan ternak.

 

Ternak yang dibeli adalah ternak yang sehat dan tidak cacat dibuktikan dengan Surat Keterangan Kesehatan Hewan dari dokter hewan. Ternak diutamakan siap kawin dan setelah dibeli dipasang ear tag sebagai tanda identifikasi ternak.

 

Aturan tentang pengembangan ternak sapi potong dan kambing oleh kelompok penerima hibah ini diharapkan ditetapkan melalui musyawarah dengan anggota. Kelompok kemudian diharap membuat laporan perkembangan ternak setiap 3 bulan sekali kepada Dinas Pertanian DIY. Tahap selanjutnya direncanakan akan diserahkan bantuan untuk ternak ayam dan itik senilai Rp 10.000.000,- kepada kelompok ternak unggas di Kabupaten Bantul. (deSh)